Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda

Cara mengatasi kebiasaan menunda merupakan hal penting yang bisa mempengaruhi kebiasaan dan keseharian kita dalam menggapai sebuah tujuan. Membuat sebuah keputusan bukanlah hal yang mudah, seringkali kita cenderung memilih untuk berpikir dan selalu memikirkan keputusan yg akan kita buat/lakukan berulang kali. Tapi pada akhirnya kita sama sekali Ya, MENUNDA!

The 5 Second Rule

Kecenderungan kita menunda-nunda sesuatu sering disebabkan oleh proses berpikir yang sangat panjang (overthink). Sehingga kita malah larut dalam rasa takut, rasa ragu, dan rasa lain yang bisa ikut muncul seiring kita hanyut ke dalam apa yang sedang kita pikirkan. Terutama ketika kita masih menunda sesuatu padahal kita tahu bahwa kita harus melakukannya.
Mel Robbins Pembicara terkenal, dalam bukunya The 5 Second Rule memiliki aturan sederhana yg terbukti efektif mengatasi kebiasaan menunda. Metodenya sengaja dia buat sama dengan judul bukunya yaitu The 5 Second Rule atau Aturan 5 Detik
Aturan 5 detik itu sederhana. Jika Anda memiliki niat untuk bertindak berdasarkan suatu tujuan, Anda harus bergerak dengan tubuh anda dalam waktu 5 detik atau otak Anda akan menghilangkannya.

Hukum Kelembaban (momen Inersia)

Saat sekolah dulu, kita belajar fisika tentang hukum kelembaman ( hukum inersia). Masih ingat kan apa itu inersia( Kelembaman)? Kelembaman adalah kecenderungan semua benda untuk mempertahankan keadaan sebelumnya, jika awalnya bergerak maka cenderung untuk tetap bergerak dan sebaliknya. Ketika diamati bukankah pikiran kita memiliki momen inersia juga? Dimana ketika kita tidak bergegas merubahnya maka kita cenderung akan menolak perubahan atau mempertahankan keadaan. Yang menarik dari aturan 5 detik ini adalah mengajak kita untuk keluar dari momen inersia ini. Benar sekali, break-out dari keadaan sebelumnya ke keadaan baru.

Kapan Implementasi The 5 Second Rule Bisa Dilakukan?

Lalu kapan kita bisa mengimplementasikan aturan lima detik tersebut? Saat Anda merasakan ada niat atau keinginan untuk bertindak pada tujuan atau komitmen tertentu, gunakan aturan tersebut. Ketika Anda ingin mengalahkan/melenyapkan keraguan anda sebelum melakukan sesuatu yang Anda tahu harus Anda lakukan, lakukan tips ini : hitung 5-4-3-2-1-GO dan bergeraklah/bergegaslah ke arah tindakan. Mel Robbins mengatakan bahwa ada jendela yang muncul saat Anda memiliki niat untuk berubah. Jendela ini ada hanya 5 detik sebelum kembali tertutup. Dan itu ada untuk semua orang. Jika Anda tidak mengambil tindakan pada niat Anda untuk berubah, Anda akan tetap stagnan dan Anda tidak akan berubah.
Tetapi jika Anda melakukan satu hal sederhana, Anda dapat mencegah pikiran Anda bekerja melawan Anda. Anda dapat memulai momentum sebelum rentetan pemikiran dan alasan menghantam Anda dengan kekuatan penuh

Langkah-langkah Menggunakan The 5 Second Rule

Mulailah menghitung mundur untuk diri sendiri: 5-4-3-2-1.
Penghitungan ini akan memfokuskan Anda pada tujuan atau komitmen dan mengalihkan Anda dari kekhawatiran, pikiran, dan alasan dalam pikiran Anda.
Segera setelah Anda mencapai “1” – dorong diri Anda untuk bergerak secara fisik/tubuh. Kuncinya bergerak secara fisik/tubuh, bergegaslah pindah ke tempat dimana Anda seharusnya berada untuk melakukan hal yang seharusnya Anda lakukan.
Inilah cara agar Anda mendorong diri Anda untuk melakukan hal-hal yang sulit ; pekerjaan yang Anda tidak ingin lakukan, atau Anda takut melakukannya, atau Anda menghindarinya.
Hanya 5 detik yang dibutuhkan. Jika Anda tidak bertindak berdasarkan niati dalam jendela 5 detik itu, Anda tidak akan melakukannya.

Contoh kasus : ingin bangun cepat dari tidur.
Pertama, bayangkan anda sedang mengerjakan sesuatu yang senangi,
Kedua, bayangkan rasanya segar saat mandi
Ketiga, Hitung : 5-4-3-2-1 ..GO ,dorong diri anda bergerak ke kamar mandi

Yuk , teman-teman, mari kita coba! Semoga artikel Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda bisa bermanfaat!

source : 101mind.com/hydenisama
photo : www.freepik.com